• NASI KRENGSENGAN GERANDONG, KHAS GRESIK



    Nasi Krengsengan Gerandong, merupakan salah satu hidangan sahur, yang banyak disuka warga Gresik, karena rasa sedap dan pedasnya, yang mampu menggugah selera. Hidangan sahur spesial ini, disebut dengan nasi gerandong, karena hanya dijual pada dini hari, atau saat sebagian warga sedang terlelap tidur.

    Warung nasi kerengsengan grandong, Hajah ulul hasanah, 56 tahun, di Jalan Sindujoyo, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, hanya dibuka pukul 01.00 dinihari, hingga Subuh, sehingga warga menyebutnya dengan Nasi gerandong.

    Warung kerengsengan nasi gerandong ini, menyediakan menu spesial Semur Daging, Jerohan Daging Sapi, Babat, Mangut, Serundeng, Ikan Bandeng kukus, yang penyajiannya menggunakan bungkus pincuk dari daun Pisang.

    Agus, pelanggan, mengatakan, lebih lezat disantap saat masih hangat, karena nasinya pulen, dan sambalnya, yang cukup pedas, sehingga mampu membangkitkan selera. "...sangat lezat, terutama saat masih hangat..." katanya.

    Ulul Hasanah, pedsagang, mengatakan, bukan dirinya yang memberikan nama krengsengan gerandong, tetapi sejumlah pembeli, yang kini justeru menjadi pelanggan tetapnya.

    dalam usahanya itu, janda yang meneruskan usaha orang tuanya tersebut, rata-rata mampu menjual 30 kilogram beras, setiap harinya.


    "...bukan saya yang memberikan nama, justeru pelangan yang memberikan nama Nasi Gerandung…...."katanya

    Warung nasi Krengsengan Gerandong ini, dibuka pertama kali tahun 1958, oleh hajah as.at, orang tua kandung Ulul Hasanah.

    Meskipun kini pelanggannya terus bertambah, tetapi warung ini tetap memanfaatrkan bagian belakang rumahnya, di jalan kampung yang sempit, tetapi padat penduduk

0 komentar:

Leave a Reply