• TRADISI BANDENGAN_ RITUAL MINTA HUJAN




    Berharap segera turun hujan dan terhindar dari kekeringan akibat musim kemarau berkepanjangan, petani tambak di Gresik, Jawa Timur, menggelar Tradisi Bandengan. Warga juga menggelar Pencak Macan, seni khas warga Pesisir Utara Jawa, menceriterakan perjalanan hidup manusia dalam menghadapi berbagai rintangan hidupnya.

    Dngan membawa berbagai hidangan serba Bndeng, ratusan warga desa Edrodelik, Kecamatan Bunga, Gresik, menuju Telaga Pegat, satu-satunya sumber air bersih warga setempat, yang kondisinya kini telah kering.

    Mlai dari anak-anak hingga orang tua, turun ke telaga, untuk mengikuti prosesi kirim doa, memohon kepada Allah, agar segera menurunkan hujan.

    Usai menggelar doa bersama, warga desa yang sebagian besar bekerja menjadi petambak Bandeng ini, menggelar Pencak macan, seni tradisi khas warga Pesisir Utara Jawa.

    Seni tradisi leluhur ini, berlatar belakang cerita rakyat, yang menceriterakan keteguhan dan ketabahan manusia dalam menghadapi berbagai rintangan hidupnya, yang dilambangkan dengan macan dan kera.

    Muhtajam, sesepuh desa, mengatakan, tradisi bandengan ini, telah digelar warga sejak ratusan tahun silam, memohon kepada allah swt, agar segera memberikan turun hujan.


    "..melalui ritual ini, warga memohon allah agar segera menurunkan hujan..."katanya.

    Kesulitan air bersih, menimpa warga desa endro delik, selama dua bulan terakhir. meskipun musim kemarau belum mencapai puncaknya, tetapi ratusan hektar tambak bandeng di desa belahan utara gresik ini, juga mulai kering. (DUNIA DESA)

0 komentar:

Leave a Reply